Info bimtek pusdiklat pemendagri

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Sangat Penting Bagi Pegawai

WasimafInfo bimtek pusdiklat pemendagri ini menjadi solusi dalam menghadapi kenyataan dimana semakin tinggin tingkat kompetensi yang dibutuhkan, maka pendidikan dan bimbingan pengembangan sumber daya manusia telah menjadi sebuah kebutuhan wajib.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri (IBPP) tingkat nasional sangatlah penting bagi pegawai pemerintahan dan korporasi demi mewujudkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan kompetensi dalam bidangnya. Dengan tujuan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki efektiftas, efisiensi serta responsibilitas guna mendukung Visi dan Misi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar terwujudnya pelayanan yang baik bagi masyarakat. Ulasan Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri (IBPP) ini diantara bimtek yang sangat berkualitas dan terbaik yang pernah penulis ketahui dengan rutinnya melakukan kegiatan bimtek dan diklat di kota-kota besar setiap bulanya.

Apa yang masih diragukan terkait Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri (IBPP) yang kami sajikan ini? Tentu manfaatnya sangat banyak dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai pegawai. Sehingga dengan mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) atau Bimbingan Teknis (Bimtek) diharapkan setiap individu  maupun lembaga pemerintahan dan instansi swasta dapat mengambil sebuah manfaat. Tentunya dengan berorientasi pada kinerja pegawai.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Info bimtek pusdiklat pemendagri

Bagi yang berprofesi sebagai pengawai negeri, swasta dan pelaku industri terlebih dahulu lihat jadwal “Info bimtek pusdiklat pemendagri” karena mengikuti kegiatan bimtek sangat penting. Tidak menutup kemungkinan saat menjalankan tugas dan kewajiban setiap harinya akan menghadapi banyak kesulitan. Solusi yang tepat untuk menunjang aktifitas dan menghadapi kesulitan tersebut, serta menambah wawasan adalah dengan mengikuti bimtek, diklat atau latihan pusdiklat pemendagri yang rutin diadakan setiap tahunnya.

 

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang saya sajikan ini merupakan bimtek yang dibimbing langsung oleh tenaga profesional pilihan

Sudah barang tentu memiliki segudang pengalaman dan berkompeten di bidangnya masing-masing. Materi dan sasaran kegiatan pusdiklat pemendagri ini (Info bimtek pusdiklat pemendagri) bermacam – macam. Jadi, tentukanlah salah satu kegiatan yang sesuai dengan tugas Anda sebagi pegawai. Sebelum lebih lanjut pembahasan Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri, simak dulu Profil dan Visi Misi dibawah ini.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Profil 

Info bimtek pusdiklat pemendagri

Pusdiklat Pemendagri adalah lembaga negara dibawah naungan kementrian dalam negeri atau Kemendagri yang bertugas dalam bidang pendidikan pelatihan diklat, workshop, bimtek. Selain itu pada bimtek pengadaan barang dan jasa khusus untuk pemerintahan, study banding, seminar dan in house training bagi instansi pemerintahan (eksekutif maupun legislatif).

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Visi Misi

VISI

  • Mencerminkan suatu keinginan dan cita-cita digaris terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai pendorong perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan non formal ke jalan yang lebih baik
  • Serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan sebagai motivator untuk menjadi semakin baik dengan bersinergi bersama elemen penggerak lainnya.

MISI

  1. Mendorong peningkatan kapasitas sumber daya melalui bimbingan teknis (Bimtek), pelatihan (Diklat), sosialisasi, dan mendorong peningkatan pendidikan serta pemahaman informasi.
  2. Bersama-sama dengan masyarakat dan lembaga-lembaga lain berkontribusi pada penciptaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat melalui konsultasi publik tentang setiap kebijakan yang akan diterapkan dan mendorong munculnya inisiatif, kreativitas, dan kemandirian masyarakat, serta meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Struktur Organisasi

Struktur kepengurusan pusdiklat pemendagri

Struktur organisasi kepengurusan Pusdiklat Pemendagri  memilik beberapa bidang yang terdiri dari Ketua Umum, Ketua I hingga Ketua III, ada juga Penasehat, Pembina dan Ketua bidang. Lebih jelasnya ada di foto yang tertera diatas.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Lokasi

Lokasi bimtek pusdiklat pemendagri

Tempat bimtek yang diselenggarakan pusdiklat pemendagri pada tahun ini tersebar dibeberapa kota besar Indonesia.

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Jakarta

Bimtek di Jakarta akan adakan di Hotel Ibis Style, di jalan Gunung Sahari 1, Kel. Mangga Dua, Sawah Besar, kota Jakarta pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 14420.

Hotel Ibis Jakarta

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Yogyakarta

Bimtek di Yogyakarta akan selenggarakan di Hotel Pesonna Malioboro, beralamat di Jlm Gadean No.3, Jalan Malioboro, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY, Indonesia, 55122.

Hotel Pessona Malioboro

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Batam

Bimtek di Kota Batam akan diselenggarakan di Hotel Pacific Palace yang beralamat Jln Duyung Sei, Sungaj Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 29432.

Hotel Pacific Palace batam

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Bali

Bimtek di Kota Bali akan diselenggarakan di Hotel Eden Kuta yang berlokasi di jalan. Kartika Plaza 42, Kuta / Tuban, Bali, Indonesia, Kuta, Badung, Provinsi Bali, Indonesia, 80361.

Hotel Eden Kuta Bali

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Bandung

Bimtek di Kota Bandung akan diselenggarakan di Hotel Cemerlang yang berlamat di Jln. HOS. Tjokroaminoto (PasirKaliki) No. 45, Pasirkaliki, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40171.

Hotel Cemerlang Bandung

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Makassar

Bimtek di Kota Makassar akan diadakan di Hotel Losari Beach, beralamt di Jln. Penghibur No. 10, Makassar City Centre, Ujung Pandang, Makassar, Provinsi. Sulawesi Selatan, Indonesia, 90111.

Hotel Losari Beach Makassar

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Surabaya

Bimtek di Kota Surabaya akan diselnggarakan di Hotel Quest, berlokasi di Jalan Ronggolawe 27 – 29, Tegalsari, Surabaya, provinsi Jawa Timur, Indonesia, 60264.

Hotel Quest Surabaya

Info bimtek pusdiklat pemendagri di Lombok

Bimtek di Lombok akan selenggarakan di Hotel Santosa, yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi KM.8 , Senggigi Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia, 83355.

Hotel santosa Lombok

Untuk lokasi yang sulit dijangkau tetap akan dilayani oleh pihak Pusdiklat Pemendagri dengan melakukan Request ke kontak yang tersedia di situs resmi dengan biaya yang terjangkau

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Jadwal Pelatihan

Jadwal bimtek pusdiklat pemendagri

Jadwal bimtek pusdiklat pemendagri yang akan diselenggarakan pada tahun 2019 sudah ditentukan tempat dan waktunya.

Jadwal Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bulan Januari 2019

No Bimtek I Bimtek II Penyelenggara
1 11-12 Januari 2019 di Ibis Style Hotel Jakarta 25-26 Januari 2019 di Ibis Style Hotel di Jakarta Pusdiklat pemendagri
2 11 – 12 Januari 2019 di Hotel Malioboro Pesonna Jogja 25 – 26 Januari 2019 di Hotel Malioboro Pesonna Jogja Pusdiklat pemendagri
3 11-12 Januari 2019 di Pacific Palace Hotel Batam 25-26 Januari 2019 di Pacific Palace Hotel Batam Pusdiklat pemendagri
4 11-12 Januari 2019 di Eden Kuta Hotel Bali 25 – 26 Januari 2019 di Eden Kuta Hotel Bali Pusdiklat pemendagri
5 11 – 12 Januari 2019 di Cemerlang Hotel Bandung 25 – 26 Januari 2019 di Cemerlang Hotel Bandung Pusdiklat pemendagri
6 11-12 Januari 2019 di Losari Beach Hotel Makassar 25-26 Januari 2019 di Losari Beach Hotel Makassar Pusdiklat pemendagri
7 11-12 Januari 2019 di Quest Surabaya Hotel 25-26 Januari 2019 di Quest Surabaya Hotel Pusdiklat pemendagri
8 11-12 Januari 2019 di Senggigi Star Hotel, Lombok 25 – 26 Januari 2019 di Senggigi Star Hotel Lombok Pusdiklat pemendagri
9 17-18 Januari 2019 di Ibis Style Hotel Jakarta 29-30 Januari 2019 di Ibis Style Hotel di Jakarta Pusdiklat pemendagri
10 17-18 Januari 2019 di Hotel Malioboro Pesonna Jogja 29-30 Januari 2019 di Hotel Malioboro Pesonna Jogja Pusdiklat pemendagri
11 17-18 Januari 2019 di Pacific Palace Hotel Batam 29-30 Januari 2019 di Pacific Palace Hotel Batam Pusdiklat pemendagri
12 17-18 Januari 2019 di Eden Kuta Hotel Bali 29-30 Januari 2019 di Eden Kuta Hotel Bali Pusdiklat pemendagri
13 17 – 18 Januari 2019 di Cemerlang Hotel Bandung 29-30 Januari 2019 di Cemerlang Hotel Bandung Pusdiklat pemendagri
14 17-18 Januari 2019 di Losari Beach Hotel Makassar 29-30 Januari 2019 di Losari Beach Hotel Makassar Pusdiklat pemendagri
15 17-18 Januari 2019 di Quest Surabaya Hotel 29-30 Januari 2019 di Surabaya Quest Hotel Pusdiklat pemendagri
16 17-18 Januari 2019 di Senggigi Star Hotel, Lombok 29-30 Januari 2019 di Senggigi Star Hotel Lombok Pusdiklat pemendagri

Untuk lainnya seperti jadwal request

Silahkan baca lebih jelasnya di Jadwal bimtek yang telah dirinci hingga akhir tahun 2019.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Keuangan

Info bimtek pusdiklat pemendagri

Materi bimtek keuangan untuk pelatihan yang berhubungan dengan pengelolaan atau administrasi keuangan instansi pemerintah, swasata secara teknis, terorganisir. Terkait dengan sinkronisasi kebijakan pemerintah (daerah) dengan pemerintah setidaknya terdapat lima prioritas pembangunan nasional pada tahun 2019 ini.

Berikut materi bimtek keuangan

  • Bimtek Penyebaran dan implementasi Permendagri nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan anggaran daerah 2019
  • Bimtek Badan Layanan Umum Manajemen Keuangan (BLU)
  • Bimtek Manajemen Keuangan Daerah dan Proses Akuntansi untuk Pejabat Administrasi Keuangan (PPK) dan Bendahara SKPD
  • Bimtek untuk persiapan dan penyajian akun regional berbasis akrual
  • Bimtek Persiapan akun untuk lembaga pemerintah
  • Bimtek Mempersiapkan keseimbangan awal dan akhir dari pemerintah daerah
  • Perencanaan, Manajemen, dan Tanggung Jawab Bimtek untuk Bendaharawan Instansi Pemerintah Daerah
  • Manajemen Bimtek dan Tanggung Jawab atas Landsby Finans dilengkapi dengan pembelian barang dan jasa di desa dan audit BPK atas Manajemen Keuangan Desa
  • Bimtek Prosedur untuk menetapkan pinjaman luar negeri dan penerima hibah (PP no.10 THN 2011)
  • Prosedur Administrasi dan Bimtek  persiapan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara dan penyerahan
  • Bimtek Prosedur untuk mempersiapkan RKA dan DPA untuk lembaga pemerintah
  • Bimtek Prosedur untuk perencanaan, implementasi dan pertanggungjawaban untuk perjalanan dinas
  • Verifikasi dan Rekonsiliasi Bimtek dari Laporan Akuntabilitas Bendaharawan
  • Sistem Administrasi Bimtek untuk Akuntabilitas Keuangan Daerah & Strategi Menghadapi Audit dalam persiapan Akuntabilitas Manajemen Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi
  • Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja Bimtek
  • Bimtek mengenai Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi / Kabupaten / Kota dan Alokasi Dana Alokasi Mekanisme Transfer Daerah
  • Bimtek Standardisasi Investigasi Keuangan Negara (SPKN)
  • Prosedur untuk menghitung biaya iuran, klaim dan alokasi kecelakaan kerja dan asuransi kematian untuk pejabat pemerintah berdasarkan PP No.70 pada tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan PP No.66 tahun 2017
  • Implementasi tinjauan akun tahunan pemerintah daerah berbasis akrual
  • Administrasi keuangan dan perencanaan untuk pengguna anggaran (PA), PPTK, PPK, dan Bendahara
  • Pelaporan dan tanggung jawab akuntansi untuk mengimplementasikan APBD
  • Peningkatan kapasitas untuk kinerja pemerintah dalam administrasi, tanggung jawab keuangan daerah dan audit keseluruhan strategis dalam persiapan dan akuntabilitas untuk manajemen keuangan
  • Evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Kinerja Perdana Menteri (LAKIP)
  • Manajemen keuangan pajak daerah dan pengembalian uang dan posisi pajak atas harga perolehan hak atas tanah dan properti (BPHTB)
  • Mekanisme Pengelolaan Hibah Bimtek (PMK Nummer 191 / PMK.05 / 2011)
  • Bimtek Pedoman untuk persiapan dan pengendalian SKPD dan RKPD Renja
  • Bimtek Pedoman teknis untuk hibah dan bantuan sosial
  • Bimtek untuk administrasi dan pertanggungjawaban pembiayaan desa
  • Bimtek Penerapan program pendanaan Simda berbasis akrual di unit kerja kota dan daerah (SKPD)
  • Sistem Administrasi Bimtek untuk Akuntabilitas Keuangan Daerah Berdasarkan Standar Akuntansi
  • Bimtek untuk administrasi dan tanggung jawab untuk pembiayaan desa
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Bimtek Implementasi Transaksi Non Tunai untuk Pemerintah Daerah
  • Bimtek Analisis Teknis Perencanaan dan Penyusunan Persiapan RKPD, KUA, PPAS, Renja, RKA dan RAPBD Berdasarkan Kinerja
  • Teknologi Bimtek Diklat untuk Persiapan Rencana Strategis Organisasi Regional (OPD RENSTRA) Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017
  • Strategi Pembukuan Bimtek dan akuntabilitas untuk pengeluaran kasir
  • Bimtek Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Pemerintahan

Materi bimtek pemerintahan

Bimtek pemerintahan khusus untuk pelatihan dan pengembangan kemampuan yang berkaitan dengan bidang pemerintahan dengan tujuan agar pemerintah daerah mampu membuat perencanaan, evaluasi, pertanggung jawaban, serta tidak melanggar undang-undang info bimtek pusdiklat pemendagri.

Berikut materi bimtek pemerintahan:

  1. Sosialisasi dan Penjelasan tata cara pemilihan Kepala Daerah.
  2. Penyusunan program kegiatan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD).
  3. Meningkatkan pemahaman aparatur desa dalam implementasi UU No. 6 tahun 2014 tentang desa.
  4. Mempercepat persiapan implementasi hukum desa.
  5. Perencanaan dan penilaian efisiensi perangkat kontrol regional.
  6. Rencana Strategis (Rentra) tentang Implementasi Alokasi Asosiasi Nasional (ADD);
  7. Arah kebijakan pembangunan pedesaan nasional dan pembangunan pedesaan dalam RPJMN 2015-2019.
  8. Dana Desa berasal dari anggaran negara dan pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa.
  9. Gerakan desa berbasis wilayah (Gerakan desa) Gerakan untuk pengembangan manusia dan budaya.
  10. Harmonisasi Antar Wilayah Urusan Pemerintahan Kabupaten / Kota dengan Pemerintah Daerah Provinsi;
  11. Pedoman untuk prosedur pembelian barang jasa di desa.
  12. Administrasi dan akuntabilitas untuk pembiayaan desa.
  13. Peningkatan kinerja dan tugas di camat / Lurah / Kepala Desa dan Sekretaris Nasional.
  14. Meningkatnya otonomi staf ahli dalam mendukung pemerintahan daerah.
  15. Penyusunan Laporan Implementasi Pemerintah Daerah (LPPD).
  16. Komunikasi 2019 Pilkada serentak berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 dengan tema “terkait pemilu 2019, yang demokratis dan bahagia”
  17. Perencanaan tata ruang regional nasional sesuai dengan Pemerintah nomor 13 tahun 2017.

Info bimtek pertahanan

Bimtek untuk Keamanan dan Ketertiban Perlindungan Masyarakat bertujuan untuk memberikan teori dasar dan praktik garis pawai dan wawasan nasional untuk anggota Linmas sebagai mitra strategis untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas di desa untuk membantu keamanan di daerah sasaran.

Kegiatan perlindungan masyarakat dibuka oleh sekretaris Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, I Nengah Duarjana. Menurutnya di Bimtek, anggota Linmas ‘memberikan materi tentang perlindungan masyarakat, sesuai dengan Kementerian Dalam Negeri, Peraturan No. 20 tahun 2016 tentang konsep perlindungan masyarakat, tugas perlindungan masyarakat, hak dan kewajiban, persyaratan menjadi perlindungan masyarakat.

Sementara Babinsa memberikan pengetahuan pertahanan dan wawasan nasional, terutama terkait dengan peran komponen Komunitas dalam berpartisipasi dalam pertahanan negara.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Kepegawaian

Galeri kegiatan pusdiklat pemendagri

Materi bimtek kepegawaian yaitu berhubungan dengan kedudukan, kewajiban dan hak, serta pembinaan pegawai yang bebas dari intervensi politik, praktik KKN.

Berikut materi bimtek kepegawaian

  • Analisis posisi (ANJAB) untuk pejabat
  • Sistem Mutasi Staf
    Standar Pegawai (PNS) Posisi Standar Kompetensi Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK) Implementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 tahun 2017 dan Alat Sipil Negara (ASN) sesuai dengan UU RI No. 5 tahun 2014
  • Upah standar standar dan tunjangan kinerja untuk pegawai negeri sipil (PNS)
  • Kemampuan layanan dan penargetan karyawan (SKP)
  • Strategi untuk sikap yang menghadapi pra dan pasca pensiun dengan meningkatkan wawasan ASN (aparatur warga negara)
  • Review hasil investigasi staf dan pengawasan
  • Sistem Penilaian Kinerja, Pengembangan SKP, SOP dan ASN.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Barang dan Aset

Mateti bimtek barang dan aset

Pendidikan yang berupa bimtek barang dan aset yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kementerian berfokus pada manajemen, prosedur, dan penggunaan sumber daya regional. Otoritas lokal dalam hal ini karyawan barang dan aset harus memiliki atau menyusun rencana untuk aset dan barang menggunakan referensi sesuai ketentuan regional tentang pengadaan aset. Dari sini, perencanaan anggaran selesai.

Bimtek Barang dan Aset

Apa itu Barang?

Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik Daerah (BMD) yang telah diatur dan mengalami beberapa kali perubahan dengan perubahan terakhir yaitu PP No. 27 Tahun 2014.

Apa itu Aset?

Aset daerah merupakan kekayaan suatu daerah yang terdiri dari:

  1. Aset bergerak dan
  2. Aset tidak begerak.

Untuk manajemen aset ada 3 prinsip yang harus diterapkan, yaitu:

  1. perencanaan yang memadai
  2. implementasi penggunaan aset dan kegiatan harus efektif dan efisien
  3. monitoring atau memantau implementasi dan pengadaan.

Manajemen atau pengelolaan aset daerah meliputi beberapa tahap yaitu:

  • Perencanaan kebutuhan dan penganggaran
  • Perencanaan pengadaan, pendistribusian, termasuk penyimpanan
  • penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan.

Bimtek atau Diklat Barang dan Aset

Berkaitan dengan hal tersebut, Pusdiklat pemendagri telah menjelaskan beberapa materi Bimtek, Diklat Barang dan Aset agar dapat dipilih oleh para calon peserta.

Materi Diklat dan Bimtek Barang dan Aset Daerah:

  • Sistem manajemen properti regional atau negara bagian
  • Kontrol aset tetap
  • Penghapusan dan transfer properti milik daerah
  • Prosedur dan Teknik Penilaian Aset Daerah
  • Sistem dan prosedur untuk menghapus aset
  • Sistem informasi untuk barang regional dan manajemen aset (SIMBADA)
  • Bimtek dan Diklat pada prosedur untuk mengelola aset  barang milik daerah, negara sesuai dengan Permendagri No. 19 tahun 2016
  • Manajemen aset regional dan kepemilikan aset
  • Pemanfaatan dan pengelolaan barang milik wilayah, negara
  • Administrasi properti daerah, negara bagian
  • Pengelolaan aset barang milik daerah sesuai dengan “Permendagri No 19 Tahun 2016“.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Pendidikan

Info bimtek pusdiklat pemendagri pemendidikan

Pengembangan sumber daya manusia adalah salah satu kunci membangun bangsa. Tahun ini, Direktorat Jenderal Sains dan Teknologi dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelesaikan dua rencana induk untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi SDM di Direktorat Pangan dan Maritim hingga 2024 Melalui buku ini, jumlah dan ketidaksetaraan antara kebutuhan aksesibilitas untuk SDM di sektor dipetakan.

Direktur Jenderal Sains dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti mengatakan di sektor pangan bahwa ada lima masalah utama, termasuk: 1) tanah lahan pertanian; 2) sistem insentif 3) kemampuan SDM 4) kepemilikan tanah dan ketidakadilan dan 5) masalah pendidikan tinggi. Di sisi lain, pengaruh revolusi industri 4.0 mengharuskan semua kalangan, termasuk petani, untuk berubah dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Berkenaan dengan sistem insentif, karena perusahaan pertanian berisiko tinggi, seperti serangan hama, bencana alam, perubahan iklim, dll., Perusahaan pertanian juga membutuhkan biaya tinggi. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pertanian,” kata Direktur Jenderal Ghufron dalam debat publik tentang relevansi Ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan tinggi sumber daya manusia tentang pengembangan sektor pangan nasional di Auditorium lantai 2 untuk gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Senin (18/3).

Pendidikan tinggi, jelas Direktur Jenderal Ghufron, memiliki peran penting dalam menghasilkan sumber daya manusia di sektor pangan. Di depan panelis, Kanselir Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria, Profesor Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan regenerasi petani sangat dibutuhkan sehingga penting untuk meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013, usia petani di atas 45 tahun mendominasi. Bahkan, jumlah petani terus turun dari 36,4 juta pada 2012 menjadi 35,01 juta info bimtek pusdiklat pemendagri pada 2016.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Pengadaan Barang atau Jasa

Info bimtek pusdiklat pemendagri barang dan jasa

Bimtek ini bertujuan mempercepat pelaksanaan belanja publik dalam rangka mencapai pembangunan yang adil. Inovasi diperlukan melalui pendidikan atau pelatihan dalam pengadaan barang atau jasa publik sebagai solusi untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam hal penyediaan barang dan jasa. Pembelian item layanan sangat penting, karena dukungan kerja setiap aparatur negara harus digunakan dengan benar.

Pengadaan barang atau jasa publik adalah proses memperoleh barang dan jasa dari aparatur sipil negara masing-masing, baik dari pusat maupun dari daerah yang kegiatannya mulai dari perencanaan, dari pengadaan hingga pertanggungjawaban. Mereka yang menggunakan barang dan jasa adalah aparatur negara yang diberdayakan untuk menggunakan lembaga publik yang dituntut untuk mengembangkan dan merumuskan setiap kebijakan dalam proses pengadaan barang dan jasa. Kebijakan pengadaan barang dan jasa atau disingkat LKPP. Perpres baru, nomor 16 tahun 2018, tentang pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan presiden 54 tahun 2010, dan sudah berlaku sejak Juli 2018. Peraturan ini telah dimasukkan ke dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Bimtek pengadaan barang atau jasa tingkat dasar

Pelatihan Pengadaan Barang Pemerintah tingkat Dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap pengelola Pengadaan Barang Pemerintah (PBJ) dalam melaksanakan tugas dan fubgsi sebagai pengelola Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah secara profesional dan beretika. Peserta diharapkan mampu menjelaskan tahapan kegiatan pengadaan barang atau jasa pemerintah. Selain itu mampu melaksanakan kegiatan pengadaan yang memilik spesifikasi sederhana secara efesien dan efektif.

Kegunaan bimtek pengadaan barang atau jasa tingkat dasar:

  1. Peserta dapat memahami deskripsi (umum) pembelian, prinsip dasar, kebijakan umum, aturan etika dan dasar hukum atau aturan terkait dan pihak-pihak yang terkait dengan pihak lain serta prinsip-prinsip kontrol dan pengawasan pelaksanaan barang/pengadaan jasa.
  2. Peserta dapat memahami persiapan pengadaan barang atau jasa dari tahap perencanaan (umum), penentuan sistem pengadaan dalam bentuk metode seleksi, metode pengiriman dokumen, metode evaluasi pengadaan dan pemilihan jenis (kontrak), pemilihan metode kualifikasi, persiapan jadwal, HPS – persiapan dan persiapan akhir dokumen pembelian.
  3. Peserta dapat memahami prosedur untuk melaksanakan ‘Pembelian Barang atau Konstruksi dan atau Konsultasi’.
  4. Peserta diharapkan memahami cara membeli barang atau jasa melalui “swakelola”.
  5. Peserta diharapkan mengetahui aturan pelaksanaan “Produksi Dalam Negeri dan Pemanfaatan Usaha Kecil dan Peraturan untuk pembelian barang, jasa dengan pinjaman hibah luar negeri (PHLN)”.

Bimtek pengadaan barang atau jasa tingkat madya

Pelatihan tingkat Madya lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan teknis penguasaan materi tingkat madya dan manajerial dalam penerapan Sistem Manajemen, sehingga materi-materi pelatihan yang disampaikan akan mengarah pada sasaran.

Fokus Materi Bimtek Barang atau Jasa Pemerintah

  • Tryout Dan Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang Jasa Pemerintah
  • Bimtek Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang Jasa Publik
  • Pendidikan tentang kontrol pengadaan barang jasa publik
  • Teknik untuk mempersiapkan kontrak dalam pembelian barang / jasa publik
  • Teknik dan Metode Komposisi HPS / OE Pembelian Barang Jasa BUMN dan Lembaga Pemerintah
  • Pedoman untuk prosedur pembelian barang atau jasa di desa
  • Prosedur dan Prosedur Kerja Tim untuk Menilai Angka Kredit dalam Posisi Fungsional untuk Membeli Barang atau Layanan
  • Persiapan teknik KLDI ULP SOP
  • Membangun layanan untuk ujian dan perangkat pengawasan
  • Mekanisme untuk membeli barang dan jasa publik tanpa penawaran
  • Strategi manajemen untuk pengelolaan sektor kesehatan. Pembelian Barang / Jasa BLU / BLUD Berdasarkan Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Kearsipan

Info bimtek pusdiklat pemendagri kearsipan

Bimtek ini menitik berarkan pada mengadakan pelatihan pajak daerah untuk setiap aparatur sipil negara(ASN) dibidang perpajakan. Pusdiklat pemendagri telah menyediakan fasilitas VIP untuk para peserta demi kelancaran saat pelatihan dengan Narasumber terbaik dari pemerintahan maupun swasta.

Apa itu Kearsipan

Kearsipan adalah sebuah proses mulai dari pembentukan, pengaturan, penerimaan, pengumpulan, pengendalian, pemeliharaan dan penyimpanan arsip menurut sistem yang sudah ditentukan sehingga ketika dibutuhkan arsip tersebut mudah ditemukan, dan apabila arsip-arsip itu sudah tidak bernilai lagi, maka harus segera dipindahkan ke gudang atau di musnahkan.

Pentingnya arsip

Kearsipan sangatlah penting bagi kelancaran jalannya organisasi baik pemerintah mau korporasi. Selain digunakan sebagai sumber informasi, juga menjadi pusat ingatan bagi lembaga.

Fungsi Kearsipan untuk pemerintahan

  1. Kegiatan pemerintah pasti akan berfungsi sebagaimana mestinya.
  2. Dapat digunakan sebagai bukti tertulis ketika masalah muncul.
  3. Dapat digunakan sebagai alat komunikasi tertulis.
  4. Dapat digunakan sebagai bahan dokumentasi.
  5. Dapat menghemat biaya, waktu dan energi.
  6. Sebagai pengingat skrip dan alat penyimpanan.
  7. Sebagai layanan perpustakaan (Bagi mereka yang memiliki perpustakaan)
  8. Dapat digunakan sebagai bantuan kepada manajer dalam mendefinisikan kebijakan dalam organisasi.
  9. Pengarsipan yang teratur dan terawat dengan baik menunjukkan kemajuan organisasi.

Info Diklat Bimtek Kearsipan

Untuk anda yang ingin mengikuti diklat kearsipan dari Pusdiklat Pemendagri, maka bisa membaca semua keterangan dibawah.

Materi Pelatihan Kearsipan

Bagi Anda yang ingin mengikuti bimtek khusus materi Bimtek Kearsipan bisa dilihat dibawah ini.

  • Manajemen arsip dan manajemen pusat arsip (pusat penerimaan)
  • Pengarsipan elektronik (E-Filling) Untuk Instansi Pemerintah
  • Manajemen Hubungan Masyarakat di Instansi Pemerintah
  • Manajemen protokol dan master upacara (MC) sebagai perwujudan peningkatan wawasan, keterampilan dan pengetahuan PR, protokol dan master dalam upacara
  • Dokumen elektronik untuk mendukung kinerja pemerintah
  • Korespondensi dan manuskrip resmi berdasarkan Permendagri nomor 54 tahun 2009 dan nomor 55 tahun 2010
  • Manajemen Manajemen Arsip Regional, Naskah Layanan dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Dewan Perwakilan Rakya Daerah

Materi bimtek fokus pada Dewan Perwakilan Daerah untuk Pemerintah Kota (DPRD) dan provinsi yang memiliki peran yang sangat strategis sebagai lembaga demokratis yang menyatukan unsur-unsur pemenang politik lokal pemilihan. Dimulai dengan artikulasi aspirasi yang ada dalam mekanisme legislatif parlemen, mendorong pemerintah daerah untuk membuat kebijakan publik yang berpartisipasif dan sejahtera bagi masyarakat. Untuk memantau implementasi kebijakan di bidang keberhasilan DPRD dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah dengan kapasitas dan kompetensi setiap anggota dewan tersebut.

Berikut materi bimtek untuk DPRD

Info bimtek pusdiklat pemendagri DPRD

Pusdiklat pemendagri telah menyediakan berbagai materi diklat (pelatihan), bimtek yang di peruntukan untuk sekretariat dan anggota DPRD.

  1. Bimtek Prosedur untuk persiapan dan manajemen dan pelaporan keuangan di DPRD dan Sekretariat DPRD
  2. Peran Bimtek dari Bamus, Balegda dan Kontrol Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
  3. Bimtek Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
  4. Bimtek untuk memperkuat keterampilan keras dan lunak bagi anggota pensiun DPRD
  5. Sekretariat DPRD Bimtek Pelayanan prima bagi para pemimpin dan anggota DPRD
  6. Bimtek Pedoman untuk melaksanakan fungsi DPRD
  7. Bimtek Orientasi Pengelolaan Dana Reses untuk Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
  8. Bimtek Manajemen Hibah dan Orientasi Dana Bantuan Sosial untuk Anggota DPRD Provinsi, Kota.
  9. Bimtek Optimalisasi tugas dan tanggung jawab Peralatan DPRD
  10. Bimtek Optimalisasi reses & pemikiran kepala di DPRD dari hasil Jasmara
  11. Bimtek Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah
  12. Bimtek Optimalisasi peran DPRD dalam penganggaran dan pengawasan dan regulasi di Kabupaten/Kota
  13. Bimtek Optimalisasi fungsi dan wewenang DPRD dalam proses penyusunan dan penetapan anggaran daerah
  14. Bimtek Kebijakan umum anggaran dan prioritas prioritas anggaran
  15. Pedoman nomenklatur Bimtek untuk Sekretariat DPRD.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Aparatur Desa

Materi bimtek Desa sangat penting untuk membuat perangkat desa lebih profesional dan mampu melayani masyarakat dengan baik. Oleh karena itu, pelatihan untuk semua pejabat desa diperlukan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Pusat pendidikan aperatur desa

‘Departemen Pendidikan’ hadir sebagai guru pendidik untuk semua kalangan publik, terutama untuk desa-desa terperncil yang membutuhkan banyak bimbingan dalam menjalakan roda kepemimpinan.

Berikut materi bimtek aparatur desa

Bimtek atau Pelatihan bagi Aparatur Desa, Camat ataupun Lurah telah tersedia beberapa materi – materi sesuai dengan kebutuhan sesuai profesinya.

  • Strategi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Desa 
  • Manajemen dan Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)
  • Perencanaan Pembangunan Desa (kompilasi RPJMDes dan APBDes)
  • Manajemen Keuangan Desa Bimtek dari perencanaan hingga pelaporan
  • Manajemen Keuangan Desa Bimtek Berdasarkan SISKEUDES
  • Pengelolaan Bimtek oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)
  • Bimtek untuk pembelian barang atau jasa di desa dengan manajemen sendiri
  • Bantuan Bimtek dan Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Membuat RPJMdesa dan RKPDesa
  • Pengelolaan Keuangan Desa Bimtek Sesuai dengan UU No. 06 tahun 2014
  • Manajemen Aset Desa Bimtek
  • Bimtek Kepemimpinan Kepala Desa
  • Bimtek untuk administrasi dan tanggung jawab untuk pembiayaan desa
  • Bimtek Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa
  • Bimtek Pendidikan Peningkatan kinerja dan tugas Camat/Lurah/Manajer Desa & Sekretaris Nasional
  • Implementasi perubahan dalam Sistem Manajemen Keuangan Desa (Siskeudes) Berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2018 dan strategi untuk manajemen dan akuntabilitas dana desa terkait dengan revisi BPK
  • Bimtek dan pelatihan Meningkatkan dan mengembangkan usaha ekonomi produktif di masyarakat desa
  • Bimtek Pembentukan kader dan tokoh masyarakat dalam pembangunan pedesaan siaga.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Kesehatan

Bimtek kesehatan ini rumah saki atau pusat kesehatan dan semua masalah terkait kesehatan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, profesional kesehatan kompeten dan mampu melayani masyarakat dengan baik. Tenaga Pembimbing Pusdiklat Pemendagri memiliki kepercayaan terhadap pendidikan atau bimbingan teknis yang kami miliki dalam pelatihan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas para profesional kesehatan. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian dalam Negeru akan menyediakan pembicara kesehatan terbaik untuk semua peralatan yang membutuhkannya dan telah menyediakan materi dan dapat dipilih dari daftar di bawah ini. tetapi, Anda juga dapat meminta atau meminta materi yang benar-benar dibutuhkan.

Setiap perangkat di sektor perawatan kesehatan, baik di rumah sakit, pusat kesehatan atau lainnya harus kompeten karena terkait langsung dengan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, sistem perawatan kesehatan dapat berpartisipasi dalam pendidikan yang diselenggarakan oleh institusi di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Materi Bimtek Kesehatan Meliputi

  • Bimtek Keselamatan dan kesehatan kerja K3 Rumah Sakit
  • Bimtek Pelatihan Manajemen Rumah Sakit
  • Bimtek Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kotamadya
  • Bimtek Rekruitmen tenaga Kesehatan Untuk Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Bimtek Tenaga Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Rumah Sakit
  • Bimtek Kesehatan Reproduksi Remaja
  • Bimtek Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dibidang Kesehatan
  • Bimtek Desain dan Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menuju Kepesertaan Seluruh Penduduk (UHC) 2019
  • Bimtek Promosi kesehatan Dinkes Kab/kota dan Rumah sakit
  • Bimtek  Penyehatan Air serta Kursus Higiene Sanitasi makanan dan Minuman
  • Bimtek Peningkatan Kinerja Organisasi melalui Pembelajaran Organisasi
  • Bimtek Pengolahan Limbah Cair dan Limbah Rumah Sakit
  • Bimtek Pengelolaan Program-program Kesehatan Kabupaten dan Kota
  • Bimtek Komunikasi Perubahan dan Perilaku
  • Bimtek Penerapan Puskesmas Menjadi badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dan Mekanisme Proses Akreditasi Puskesmas dan Rumah Sakit
  • Bimtek Pelatihan lingkungan kerja dan keselamatan di Rumah Sakit K3
  • Bimtek Pelatihan Manajemen Rumah Sakit
  • Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten Bimtek
  • Bimtek perekrutan tenaga kesehatan ke rumah sakit dan topeng teka-teki
  • Bimtek Staf Promosi Kesehatan Rumah Sakit
  • Kesehatan reproduksi remaja 
  • Bimtek fasilitator untuk Pemberdayaan Masyarakat di bidang Kesehatan
  • Bimtek Desain dan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap Partisipasi Semua Populasi (UHC) 2019
  • Promosi Kesehatan Bimtek oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit
  • Bimtek tentang penjernihan air dan kursus kebersihan makanan dan minuman sanitasi
  • Bimtek peningkatan kinerja organisasi melalui pembelajaran organisasi
  • Bimtek dan pelatihan tentang pengolahan limbah dan rumah sakit
  • Bimtek Manajemen Program Kesehatan Kabupaten dan Kota
  • Bimtek Komunikasi Komunikasi dan perilaku
  • Bimtek Implementasi Puskesmas adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan mekanisme untuk proses akreditasi Pusksmas dan rumah sakit.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Perpajakan

Perpajakan adalah kontribusi orang terhadap Perbendaharaan yang dikumpulkan berdasarkan peraturan hukum untuk menutupi biaya produksi barang dan jasa publik untuk mencapai kesejahteraan umum.

Untuk memahami lebih mudah dalam hal perpajakan dan meminimalkan kelemahan yang terkait dengan keuangan dan manajemen pajak diperlukan bimtek pendidikan terkait dengan pajak.

Bimtek perpajakan

Apa seminar bimtek dan perpajakan? yaitu Pelatihan kegiatan pendidikan yang berkaitan dengan perpajakan atau pajak dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang aparatur pemerintah dalam rangka meningkatkan kinerja profesional dan kompeten di pemerintah daerah. Dalam hal ini, pusdiklat pemendagri telah menyediakan beberapa bahan ‘Seminar Pajak dan Pelatihan Bimtek tentang Pajak’.

Bimtek Pajak memiliki beberapa bahan materi yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan peserta yang diharapkan. Sejauh menyangkut perpajakan, materi secara alami berfokus pada pajak dan manajemen keuangan di lembaga pemerintah. Siapa pun yang memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam mengelola pajak dan keuangan dapat lebih memahami semua masalah pajak.

Materi perpajakan bimtek di bawah ini

  • Bimtek Pendidikan tentang Kewajiban Pajak untuk Instansi Pemerintah dan Pedoman Manajemen Pajak untuk Pembayar Pajak Pemerintah
  • Bimtek Pendidikan tentang kewajiban pajak untuk Badan Pemerintah BUMN dan BUMD
  • Manajemen Bimtek PBB dan BPHTB Berdasarkan Undang-Undang tentang Pajak Daerah dan Pajak Daerah (PDRD) No. 28 tahun 2009
  • Bimtek mengendalikan potensi pajak dan penarikan regional untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)
  • Bimtek Penyelesaian Pendidikan dan Kejuruan dan Pengisian Pelaporan e-SPT untuk Instansi Pemerintah
  • Manajemen Pajak Distrik Bimtek
  • Mekanisme pengumpulan data Bimtek penilaian pajak daerah untuk bangunan perkotaan dan pedesaan (PBB – P2)
  • Bimtek Pendidikan tentang Penasihat Pajak Daerah
  • Bimtek Manajemen manajemen keuangan pajak daerah dan pengembalian uang dan posisi pajak atas harga perolehan hak atas tanah dan properti (BPHTB)
  • Hanya itu yang saya dapat sajikan buat para pembaca yang budiman. Terimakasih atas kunjungannya.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Penanaman Modal

Investasi atau Kegiatan penanaman modal adalah tahap awal dalam proses pengembangan strategis. Karena ini harus mengelola sumber daya pengembangan untuk membangun aset produksi dengan tujuan memproduksi barang dan jasa untuk tujuan ekspor dan domestik.

Selain itu, diperlukan kekuatan visioner yang jauh kedepan untuk memprediksi permintaan pasar, jadi jika tidak tepat sasaran akan ada pemborosan sumber daya nasional. Dalam konteks di atas, perlu untuk menyinkronkan, mengoordinasikan dan mensinergikan peran pemerintah dan kegiatan bisnis serta peran masyarakat lain dalam melakukan investasi atau kegiatan penanaman modal untuk pengembangan.

Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA) sebagai dasar skema investasi. Investor domestik tergerak untuk berpartisipasi, jadi dibuatlah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1968 tentang investasi langsung domestik.

Pada tahun 1970, undang-undang tersebut direvisi lagi dengan mengeluarkan UU No. 11 tahun 1970 tentang PMA dan UU No. 12 tahun 1979 tentang investasi langsung domestik. Dengan hadirnya undang-undang tersebut, sebuah lembaga dibentuk untuk menangani masalah investasi di negara bagian dan pemerintah daerah dengan sebuah lembaga bernama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 53 Tahun 1977, keputusan Presiden Juncto No. 33 tahun 1981 tentang BKPM. Lisensi PMA diberikan oleh presiden, sedangkan untuk PMDN izin dari BKPM dikeluarkan atas nama presiden.

Bimtek penanaman modal

Untuk melakukan tugas-tugas di sektor investasi, salah satu fungsinya adalah melakukan pemantauan, bimbingan, dan pemantauan pelaksanaan investasi dengan berkonsultasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Tentu saja, untuk membangun dan mengembangkan manajemen dalam investasi dibutuhkan pelatihan bimbingan teknis (Bimtek).

Materi Bimtek investasi

  • Manajemen Investasi Daerah dan Layanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten, Kota dalam bentuk rencana strategis daerah
  • Metode untuk menyiapkan laporan kegiatan investasi
  • Optimalisasi Rencana Investasi Umum (RUPM)
  • Optimalisasi Layanan Informasi Elektronik dan Sistem Lisensi Investasi (SPIPISE)
  • Manajemen Investasi Regional dan Layanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.
  • Strategi Penyusunan dan Penentuan Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten atau Kota dalam bentuk Rencana Strategis Daerah.
  • Panduan perencanaan, regulasi dan implementasi sistem informasi investasi regional dan layanan perizinan
  • Strategi untuk menyiapkan dan menetapkan kebijakan pengembangan investasi daerah
  • Mekanisme dan Prosedur untuk Mempersiapkan dan Menerapkan Standar Operasional Prosedur Izin Konstruksi Bangunan (IMB SOP).

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi UKM dan UMKM

UMKM memiliki istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kriteria atau definisi usaha mikro, kecil dan menengah.

Berdasarkan pada UU No. 20/2008 UMKM yang dimaksud adalah:

Usaha besar

Bisnis Besar adalah perusahaan bisnis dijalankan oleh unit bisnis yang penjualan bersih dan hasil penjualannya setiap tahun lebih besar dari bisnis menengah, termasuk usaha patungan dan perusahaan milik negara (UMN) atau perusahaan swasta dan asing yang kegiatan ekonominya dilaksanakan di Indonesia.

Usaha menengah

Perusahaan menengah dapat diartikan sebagai kegiatan ekonomi produktif yang semata-mata dan dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan cabang dari perusahaan yang dimiliki, dikendalikan oleh ukuran asetnya atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2008.

Usaha kecil

Kriteria untuk bisnis kecil ini adalah perusahaan ekonomi produktif yang bisnisnya berdiri sendiri dan juga dilakukan dimiliki, dikendalikan atau menjadi bagian dari bisnis langsung atau tidak langsung dalam bisnis menengah atau perusahaan besar yang memenuhi kriteria untuk usaha kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 20/2008.

Usaha mikro

Kriteria untuk bisnis ini dapat diartikan sebagai bisnis produktif milik individu atau unit bisnis individu dengan memenuhi persyaratan Bisnis Mikro yang diatur oleh UU No. 20 tahun 2008.

Bimtek untuk perusahaan kecil dan menengah

Pusdiklat pemendagri sebagai penyelenggara pelatihan, bimtek dan pendidikan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) mengajukan undangan Diklat atau Bimtek UKM, UMKM kepada Manajer.

Materi bimtek untuk UKM dan UMKM sebagai berikut:

  1. Manajemen pengelolaan Koperasi
  2. Implementasi UU No. 25 tahun 1992 tentang Koperasi Indonesia
  3. Implementasi PP. Tidak. 17 tahun 2013 tentang implementasi undang-undang. Tidak. 20 tahun 2008 untuk usaha mikro, kecil dan menengah
  4. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Berdasarkan keterampilan kerajinan.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Satpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) adalah aparatur pemerintah untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum dan menerapkan peraturan daerah (Perda) serta menejalankan fungsinya dengan lancar sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan mereka dengan aman.

Selain menerapkan Perda perlu juga dituntut untuk menegakkan perda yang lain dengan bijak.

Mateti Bimtek SATPOL PP

Untuk mengoptimalkan hasil dari satuan polisi pamong praja (Satpol PP), Pusdiklat pemendagri mengadakan pendidikan dan pelatihan formal dalam Satpol PP, yaitu pelatihan Satpol PP dalam beberapa materi.

Materi bimtek satpol PP

  • Meningkatkan Kapasitas SDM untuk Polisi Layanan dengan Mengenali Tugas Dasar dan Fungsinya dalam Penegakan Peraturan Daerah dan Prinsip Regional
  • Posisi fungsional untuk polisi pegawai negeri sipil
  • Partisipasi pegawai negeri dalam penciptaan manajemen yang efektif dan berkualitas.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Kependudukan dan Capil

Manajemen kependudukan adalah sistem yang dibangun untuk memfasilitasi data dalam sistem kependudukan dari lembaga, seperti kecamatan dan desa dalam layanan pencatatan sipil. Pencatatan Sipil adalah fungsi pembukuan yang digunakan oleh seseorang dalam daftar registrasi badan pelaksana.

Sehubungan dengan pembentukan dan pengembangan Manajemen Pencatatan Sipil, Pusdiklat pemendagri menerima Pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek).

Materi bimtek kependudukan dan capil yaitu:

  1. Bimtek tentang kemampuan mengelola administrasi administrasi kependudukan dalam pelayanan kependudukan dan meningkatkan profesionalisme staf teknis dalam data kependudukan.
  2. Bimtek tentang Manajemen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk Mewujudkan Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mudah, Cepat.
  3. Bimtek dan Diklat Tentang mekanisme dan prosedur untuk persiapan profil populasi dan pencatatan sipil berdasarkan 13 peristiwa penting, mengacu pada UU No. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Perusahaan BUMD/BUMN

Pendidikan adalah upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan antara kemampuan karyawan dan organisasi yang diinginkan. Perusahaan diimplementasikan dengan meningkatkan kapasitas kerja karyawan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah sikap. Karyawan merupakan kekayaan organisasi yang paling berharga, karena karyawan dengan potensi mereka dapat terus dididik dan dikembangkan untuk menjadi lebih efektif menjadi kinerja mereka yang lebih optimal untuk mencapai tujuan organisasi.

Bimtek perusahaan adalah bentuk pendidikan serta pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan bisnis (BUMD/BUMN). Karyawan adalah pekerjaan manusia, baik spiritual maupun fisik yang selalu diperlukan. Karyawan menjadi modal utama unit bisnis koperasi untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi karyawan pada umumnya adalah orang yang bekerja untuk pemerintah atau perusahaan. Karena itu, penting untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja karyawan dengan kehadiran pelatihan perusahaan.

Materi Pelatihan Bimtek atau Diklat (BUMN/BUMD)

  • Pendidikan kebersihan dan kebersihan untuk katering, restoran, kafe, dan industri makanan
  • Pertukaran Informasi Otomatis Mudah (AEOI).

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi Hukum

Apa itu bimtek hukum? hukum adalah sistem penting dalam implementasi sejumlah kekuatan institusional; dan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam politik, ekonomi dan masyarakat dengan cara dan tindakan yang berbeda serta perantara utama dalam hubungan sosial antara masyarakat melawan kriminalisasi.

Hukum perdata mengacu pada hukum tata negara atau badan bertentangan dengan negara. Misalnya, ada pembunuhan, pelanggaran lalu lintas, terorisme dan sebagainya. Peraturan lalu lintas dengan jelas disajikan dan digunakan oleh negara untuk umum. Jadi jika kita perhatikan, itu berarti melawan negara.

Menimbang bahwa hukum perdata juga dikenal sebagai hukum perdata. Setiap warga negara atau badan tertentu yang berkonflik dengan organisasi, badan / warga negara lain. Misalnya, saat kita berhutang pada seseorang atau saat kita mengeluh ke toko, hndang-undang di bidang hukum ini bisa dinegosiasikan yang bisa membawa perdamaian.

Pelatihan Bimtek Bagian Hukum

Untuk melakukan tugas-tugas bidang hukum, salah satu fungsinya adalah untuk menyusun formulasi produk hukum regional, dokumentasi dan penyebaran produk hukum dan perundang-undangan daerah, serta penyediaan bantuan hukum kepada pemerintah daerah; Ini tentu saja membutuhkan pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek)  dalam undang-undang.

Materi bimtek hukum meliputi:

  1. Strategi dan teknologi bimtek untuk pembangunan peraturan peraturan daerah (skpd)
  2. Pelatihan pendidikan hukum
  3. Pengaruh dan pendidikan aspirasi perjanjian hukum atas biaya / layanan akuntansi.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Materi PKK

Gerakan PKK atau Gerakan Kesejahteraan dalam bentuk gerakan nasional dalam pengembangan masyarakat tumbuh dari bawah. Ini adalah manajemen untuk masyarakat menuju perwujudan keluarga yang beriman dan pengabdian kepada Tuhan Yang Mahakuasa, mulia dan berbudi luhur, sehat, kaya, fisik, dan spiritual. Diharapkan bahwa pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan di bidang PKK akan membantu peserta berpartisipasi langsung dalam seluruh proses pendidikan.

Pelatihan Bimtek PKK

Diharapkan pelatihan dalam PKK dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TP PKK, karena TP PKK adalah mitra negara yang bekerja sebagai motivator, penyuluh dan aktivis masyarakat dan mampu melaksanakan Program TP PKK dan dapat bertindak sebagai fasilitator dan lainnya.

Di sini pusdiklat pemendagri menyajikan materi pelatihan bimtek PKK yaitu “Bimtek pe mberdayaan masyarakat atas gerakan PKK dan peran perempuan yang berkualitas di semua bidang untuk mencapai pembangunan di wilayah tersebut“.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Diklat pemberian dana hibah

Pemerintah pusat bagian dan daerah memiliki cara mereka sendiri dalam mengelola keuangan. Baik pedoman manajerial dan teknis untuk bantuan sosial dan alokasi dana. Selain itu, kedua pemerintah juga memiliki auditor independen yang dapat melihat perbedaan atau kesamaan dalam manajemen keuangan mereka.

Jika kita melihat perbedaan dalam hibah dan juga dalam bantuan sosial yang masuk ke dalam pengelompokan pengeluaran langsung atau tidak langsung dapat melihat aturan implementasi untuk manajemen. Untuk negara bagian, hibah tidak termasuk dalam kelompok pembelian. Namun, ini diurutkan dari penyebutan program yang terkandung dalam belanja langsung.

Hibah, bantuan sosial berbeda dari jenis uang yang dihabiskan oleh bentuk pengeluaran lain dalam bentuk implementasi. Ketentuan pemberian hibah, bantuan sosial dari pemerintah kepada rakyat Indonesia, sejalan dengan penilaian / kebijaksanaan pemimpin pemerintah swasta / individu.

Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan besar dalam memutuskan atau menginginkan sesuatu dalam pemerintahan. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus memiliki dimensi input politik, ekonomi, hukum dan lainnya untuk menetapkan pedoman teknis untuk hibah dan bantuan sosial dalam masyarakat Indonesia pad info bimtek pusdiklat pemendagri . Sekarang penyediaan dana hibah, bantuan sosial dari negara, yang memiliki jumlah terbesar dapat dilihat dari anggaran terkecil. Misalnya: beasiswa pendidikan; Bantuan untuk Sistem Manajemen Komunitas dalam Program Nasional.

Memberikan bantuan sosial atau memberikan subsidi kepada otoritas lokal lebih dekat dengan pemilik kepentingan, yaitu populasi / masyarakat agar administrasi dan birokrasinya ada di dalamnya memiliki tingkat yang lebih kecil daripada negara. Perbedaan lain dapat dilihat dalam pemberian dana hibah, bantuan sosial yang tersedia di negara bagian dan pemerintah daerah. Di pemerintah daerah dalam rincian hibah dan bantuan sosial, sangat mudah untuk membandingkan dengan rincian negara. Hibah dan bantuan sosial didistribusikan dalam jumlah uang, tetapi metode ini dianggap kurang efektif.

Untuk memperluas pemahaman serta meningkatkan kinerja  Pemerintah Penjaminan Pekerjaan dan Jaminan maka pusdiklat pemendagri akan mengadakan bimtek “Keuangan Ujian: “Pedoman Teknis Pemberian Dana Hibah Dan Bantuan Sosial“.

Alasan Memilih Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Info bimtek pusdiklat pemendgari membantu program pemerintah baik pusat atau daerah dalam meningkatkan produktifitas Sumber Daya Manusia (SDM), mensosialisasikan dan menghubungkan antara kebijakan pemerintah dengan pihak swasta, begitupun sebaliknya pihak swasata atau pelaku industri dapat memberikan masukan dan kontribusi terhadap pemerintah dari segala sektor.

Meningkatkan SDM melalui bimtek

Info bimtek pudiklat pemeagru mendorong peningkatan dan kemampuan sumber daya manusia melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) dan memberikan dorongan dalam peningkatan pendidikan dan pelatihan (Diklat), Sosialisasi dan pemahaman informasi terkait peraturan dan perundang-undangan.

Kontribusi pemberdayaan bersama dengan bimtek dan diklat

Info bimtek pusdiklat pemendagru bersama masyarakat dan institusi lainnya berkomiten memberikan sumbangsih terhadap terciptanya pemerintahan yang mengedepankan sikap bersih dan berwibawa dalam pemberdayaan masyarakat.

Inisiator inspirator bimtek

Info bimtek pusdiklat pemendagri siap menjadi inisiator dalam terciptanya kreatifitas dan kemandirian masyarakat melalui konsultasi publik atas setiap kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Lainnya

Tentu saja, dalam dunia kepegawaian terutama pejabat, istilah seminar, lokakarya, workshop, bimbingan teknis (Bimtek), pendidikan dan latihan (Diklat) dan sosialisasi sering tak asing ditelinga. Banyak dari kita mendengarkan kata-kata ini melalui undangan. Jadi apa definisi dari istilah tersebut? Info bimtek pusdiklat pemendagri akan menjelasakan topik lainnya yang masih berkaitan.

Meningkatkan kapasitas aparatur negara sipil (ASN) adalah syarat mutlak dalam upaya meningkatkan kualitas layanan masyarakat. Perubahan kebijakan pemerintah yang memengaruhi perubahan undang-undang dan peraturan mengharuskan pemerintah daerah melaksanakan perubahan ini secepat mungkin, baik secara teknis maupun administratif. Namun sayangnya sebagian besar peraturan dan undang-undang seringkali tidak mengatur perincian implementasi lebih lanjut. Oleh karena itu, pemerintah daerah diberikan kebebasan untuk mengembangkan kapasitas peralatannya sendiri melalui seminar, lokakarya, workshop, bimbingan teknis, pendidikan (pendidikan dan pelatihan) dan sosialisasi, baik oleh otoritas publik dan sektor swasta.

Pada kesempatan ini mencoba menulis penjelasan tentang pentingnya seminar, lokakarya, workshop, bimbingan teknis, pendidikan (pendidikan dan pelatihan) dan sosialisasi yang  disadur dari berbagai sumber.

A. SEMINAR

Seminar tersebut berada dalam pertemuan atau tes kamus bahasa Indonesia (KBBI) besar untuk membahas masalah yang dipimpin oleh para ahli (profesor, pakar, dll.). Definisi yang lebih umum dari suatu seminar adalah bentuk pengajaran yang secara khusus ditentukan untuk membahas topik tertentu yang dapat diterapkan oleh lembaga profesional atau organisasi komersial lainnya.

Secara umum, seminar dilakukan dengan melakukan sistem pengajaran akademik di mana kegiatan tersebut dilakukan sebagai pelajaran bagi para peserta. Dalam sebuah seminar, topik khusus umumnya akan dibahas, di mana para peserta akan dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi.

Secara umum, peserta seminar bukanlah orang-orang baru pada subjek yang sedang dibahas, tetapi adalah orang-orang yang terbiasa atau paling tidak akrab dengan topik yang akan dibahas dalam seminar. Ini akan memfasilitasi pembentukan dialog antara peserta seminar dan pembicara yang diperkenalkan oleh Dewan Eksekutif.

Contoh dari seminar adalah seminar pajak di mana seminar diadakan untuk memperkenalkan atau menjelaskan perubahan peraturan pajak.

B. LOKARYA

Dalam kamus bahasa Indonesia (KBBI) yang besar, lokakarya adalah pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah-masalah praktis atau terkait implementasi dalam bidang keahlian mereka. Definisi yang lebih umum dari lokakarya info bimtek pusdiklat pemendagri adalah acara atau pertemuan yang dilakukan oleh para ahli di bidang tertentu yang tujuannya adalah untuk membahas masalah pengalaman seseorang dan untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Definisi lokakarya dapat dianggap sebagai pertemuan ilmiah kecil yang dilakukan oleh beberapa ahli di bidang tertentu, di mana kegiatan ini dapat dilakukan sebagai kegiatan rutin untuk periode tertentu.

Contoh lokakarya adalah lokakarya yang dipimpin oleh seorang guru yang membahas masalah pengelolaan kejahatan pada anak-anak sekolah.

C. WORKSHOP

Kata workshop berasal dari bahasa Inggris, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti workshop. Definisi lokakarya adalah kegiatan atau acara di mana beberapa orang yang memiliki pengalaman di bidang tertentu berkumpul untuk membahas masalah tertentu dan mengajar para peserta. Lokakarya juga dapat diartikan sebagai latihan di mana para peserta bekerja secara individu atau dalam kelompok untuk menyelesaikan pekerjaan sehubungan dengan tugas nyata untuk mendapatkan pengalaman. Singkatnya, lokakarya ini merupakan kombinasi antara teori dan praktik.

Pada sebuah seminar, sekelompok orang dengan minat / pengalaman dan keahlian yang sama bertemu dalam bidang tertentu di mana mereka akan bertemu di bawah kepemimpinan beberapa ahli untuk mengeksplorasi satu atau lebih aspek spesifik dari suatu diskusi masalah.

Contoh lokakarya adalah lokakarya yang dipimpin oleh organisasi / lembaga / lembaga untuk meningkatkan akreditasi unit bisnis.

D. SOSIALISASI

Dalam kamus bahasa Indonesia yang besar (KBBI), sosialisasi adalah upaya menyosialisasikan sesuatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dijalani oleh masyarakat. Definisi secara umum adalah proses dimana peserta dapat belajar dengan berinteraksi dengan orang lain tentang bagaimana berpikir, merasakan dan bertindak, yang merupakan semua hal yang sangat penting untuk menghasilkan partisipasi sosial yang efektif.

Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori peran (role theory). Karena peran yang harus dilakukan individu diajarkan untuk proses sosialisasi. Sosialisasi terdiri dari dua jenis, yaitu:

Formal

Sosialisasi semacam ini terjadi melalui lembaga-lembaga yang diberi wewenang berdasarkan peraturan yang berlaku di negara ini, seperti pendidikan di sekolah-sekolah dan pendidikan militer.

Informal

Sosialisasi semacam ini ada dalam masyarakat atau dalam hubungan sosial, antara teman, teman, anggota klub dan kelompok sosial dalam masyarakat.

Contoh-contoh sosialisasi termasuk sosialisasi penerapan undang-undang tertentu.

E. BIMBING TEKNIS

Panduan teknis adalah kegiatan yang dirancang untuk memberikan bantuan, yang biasanya dalam bentuk panduan dan saran untuk memecahkan masalah / masalah teknis. Panduan Teknis adalah kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masing-masing atau lembaga tertentu. Dengan cara ini, diharapkan masing-masing dan setiap lembaga tertentu, baik lembaga swasta maupun pemerintah, akan mendapat manfaat dari berorientasi pada kinerja.

Tujuan dari penerapan bimbingan teknis ini adalah untuk menyelesaikan masalah / masalah yang muncul dan ditangani oleh para pejabat sehingga solusinya dapat diperhitungkan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Beberapa contoh pedoman teknis termasuk bimbingan teknis untuk manajemen keuangan regional, bimbingan teknis staf, dan sebagainya.

F. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT)

Diklat adalah proses mengorganisir pengajaran dan pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas pegawai negeri.

tujuan pelatihan:

Mengubah paradigma / perspektif, perangkat mental, sikap mental, model sikap, dan model tindakan menjadi kaya secara mental, mencapai kinerja optimal dengan mengembangkan organisasi pembelajaran.

Ini mengembangkan nilai-nilai moral, meningkatkan kecerdasan spiritual, menggunakan seluruh tubuh, pikiran, hati, dan jiwa untuk melakukan tugas-tugas yang terintegrasi dengan manajemen, kepemimpinan, keterampilan, dan pengetahuan.

  1. Mengubah perangkat budaya untuk membangun sikap, perilaku, kepercayaan manajerial, dan nilai-nilai aparatur;
  2. Membangun karakter dan identitas;
  3. Pelatihan berbasis kompetensi:
  4. Memiliki kompetensi untuk melakukan tugas-tugas untuk posisi yang direkam secara optimal
  5. Tingkatkan kompetensi untuk mengambil posisi yang lebih tinggi
  6. Memiliki kompetensi untuk menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi baru untuk meningkatkan kinerja organisasi
  7. Mengembangkan teknologi informasi (e-government) dan berbagai hubungannya (e-procurement, e-bidding, e-office).

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Arti Logo

Info bimtek pusdiklat pemendagri terbaru

Arti logo dari pusdiklat pemendagri yaitu Tali dengan warna Oranye melambangkan persatuan dan persatuan dan selalu menjalin hubungan antara persahabatan dan persaudaraan.

Pohon beringin adalah pelindung, memberikan manfaat positif, naungan, perlindungan.

Bentuk lingkaran oranye terang dengan garis di tepi variasi logo melambangkan optimisme, antusiasme, konsentrasi, ketepatan, dan tujuan.

Menulis di lingkaran kuning dengan garis di tepi hitam adalah nama lengkap dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah daerah.

Bintang

Lima Aspek Kepercayaan, Kemuliaan, dan Menggambarkan bahwa Pancasila adalah Yayasan Idiotik untuk Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Internal.

Putih

Kesucian, Kebebasan, dan Transparansi.

Pita hijau

Menggambarkan untuk mencapai kesuksesan, kemakmuran, memprioritaskan hubungan dekat persaudaraan.

Hijau

Memiliki arti kesuburan dan kehidupan sehari-hari dan menciptakan keterbukaan di antara orang-orang.

Jika masih ada yang kurang dari Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri saya sarankan langsung mengunjungi web resmi dari pusdiklatpemendagri.com.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Dalam Negeri

  • Sekretariat : Jl. Cemara Ujung Blog 11 No. 2 Lantai 1 Jakarta Utara 14260
  • Telepon/Fax: 021 – 22.443.223
    Hp. 081.294.377.777
  • Website : pusdiklatpemendagri.com
  • Email : admin@pusdiklatpemendagri.com / pusdiklatpemendagri@gmail.com.

Good luck! Semoga ulasan ‘Info bimtek pusdiklat pemendagri‘ ini memberi banyak manfaat bagi anda sebagai pegawai yang mengabdi untuk negara dan bangsa.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Cara Registrasi Terbaru 2019

Tidak sedikit calon peserta (Pegawai) yang tidak mengatahui cara mengikuti bimtek yang disajikan. Oleh sabeb itu bagi Anda yang belum tahu tata cara daftar bimtek pusdiklat pemendagri yang terbaru 2019, kami akan jelaskan tahapan-tahapan yang harus dilakukan

Berikut cara daftar bimtek pusdiklat pemendagri

  1. Masuk ke laman pusdiklatpemendagri .com
  2. Pilihan Menu lalu Registasi
  3. Isi form pendaftaran secara lengkap
  4. Isilah kolom instansi kerja saat ini.
  5. Lengkapi data alamat kota, provinsi dan nomor handphone/whatsapp
  6. Masukan email
  7. Pilih ‘Materi bimtek’ yang akan diikuti
  8. Pilih tanggal dan tempat/lokasi pelaksanaan bimtek
  9. Daftar Sekarang
  10. Selesai.

Berikut ringkasan info bimtek pusdiklat pemendagri dibawah ini

  • Pelatihan bimtek diklat DPRD
  • Pelatihan bimtek diklat Desa/Lurah/Camat
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Keuangan’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Kepegawaian’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Barang dan Aset’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Pemerintahan Daerah’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Barang/Jasa Pemerintah’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Kearsipan’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Kesehatan & Rumah Sakit’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Perpajakan’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Penanaman Modal’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘UKM/UMKM’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘SATPOL PP’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Kependudukan dan Capil’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Perusahaan/BUMD/BUMN’
  • Pelatihan bimtek diklat ‘Bidang Hukum’.

Biaya pendaftaran bimtek pusdiklat pemendagri

Biaya pendaftaran dikenakan biaya untuk setiap peserta/SKPD dengan biaya Rp. 4.500.000 (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Fasilitas yang didapat peserta sebagai berikut:

  • Pelatihan selama 2 hari / diskusi materi sampai selesai
  • Menjadi peserta (Twin-Shering)
  • Set seminar dan tas eksklusif
  • Istirahat, kopi, makan siang dan makan malam (Selama aktivitas berlangsung)
  • Sertifikat Pendidikan
  • Konfirmasi pendaftaran peserta lambat – lambatnya H-3.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan info bimtek pusdiklat pemendagri dalam bimbingan teknis (BIMTEK) adalah ikut berpartisipasi dalam kerangka untuk membantu program pemerintah dan berperan aktif memberikan edukasi terkait peraturan dan undang-undang yang berlaku, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempromosikan pendidikan.

Secara khusus tujuannya adalah:

  • Organisasi pendidikan, pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia di tingkat nasional berdasarkan kompetensi
  • Meningkatnya kompetensi untuk perangkat daerah legislatif dan eksekutif untuk meningkatkan pelayanan publik dasar
  • Meningkatkan kapasitas fungsi perangkat regional untuk meningkatkan layanan publik dasar
  • Untuk memberikan pengetahuan baru kepada aparat daerah untuk meningkatkan pelayanan publik dasar. Informasi tentang rencana implementasi.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru 2019

Seperti pendidikan dan latihan terkenal (Diklat) dan bimbingan teknis (bimtek), adalah bagian dari pelatihan dan pengembangan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi masing-masing dan setiap lembaga. Jadi, info bimtek pusdiklat pemendagri terbaru pada pada tahun 2019 ini dapat berpartisipasi dalam pelatihan dan bimbingan dengan harapan masing-masing dari setiap lembaga tertentu, baik lembaga swasta dan negara dapat mengambil manfaat dari menjadi berorientasi kinerja. Mengingat kenyataan bahwa tingkat kompetensi yang lebih tinggi dibutuhkan, tentu saja pelatihan dalam pengembangan sumber daya manusia atau pendidikan teknis telah menjadi kebutuhan bagi individu, lembaga atau lembaga swasta.

Pusdiklat pemendagri telah mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan sumber daya manusia dari SKPD, disesuaikan dengan kebutuhan sehingga ASN di Pemerintah Kabupaten terkait bimtek terbaru dapat berpartisipasi dalam pendidikan dan pelatihan serta pelatihan teknis. untuk meningkatkan kinerja. Contoh bimtek dan pelatihan yang diadakan meliputi bimtek, PPHP bimtek, bimtek keprotokolan dan pelatihan kepemimpinan.

Maksud dan tujuan perencanaan bimtek ini adalah untuk mewujudkan visi dan misi pemimpin daerah selama 5 tahun ke depan dalam masa jabatannya untuk menggambarkan dan melaksanakan program dalam setiap kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penilaian kinerja dari hasil target. didefinisikan dalam rencana strategis, sehingga diharapkan dapat mewujudkan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan baik secara keseluruhan.

Untuk PPHP bimtek, yang diharapkan menjadi pejabat / PNS, dapat memahami tugas, wewenang, dan tanggung jawab independensi PPHP dan PPHP dalam pelaksanaan tugasnya sehingga terhindar dari kerugian karena pembelian barang / jasa tidak konsisten dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Implementasi teknologi protokol bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen protokol dan memberikan pelatihan pengembangan kepribadian kepada ASN untuk melakukan tugas dan fungsinya sebagai eksekutif dari penyelenggara publik profesional.

 

Bimtek UKM Tebaru

Materi diklat / Bimtek untuk perusahaan kecil dan menengah mengenai peningkatan sosial ekonomi lokal dan materi UKM bimtekk lainnya yang dapat dipilih oleh peserta dalam kursus bimtek atau UKM, termasuk:

  • Implementasi PP. 17 tahun 2013 tentang implementasi undang-undang. 20 tahun 2008 untuk UKM
  • Meningkatkan ekonomi berdasarkan keterampilan kerajinan.
  • Implementasi UU No. 25 tahun 1992 tentang Koperasi Indonesia
  • Ini adalah informasi yang dapat kami sampaikan tentang bimtek UKM.

Oleh karena itu, sangat perlu untuk tetap mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis untuk mencetak sumber daya manusia dengan kompetensi dan produktivitas yang tinggi, karena keberadaan birokrat yang baik sangat penting untuk mendukung peradaban. Seperti disebutkan di atas, karena ada kebutuhan besar akan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dalam suatu institusi, baik institusi swasta maupun publik, penting untuk melatih dan bimbingan teknis dalam meningkatkan kompetensi.

 

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Bonus

Perjalanan kota (Tour city) dengan catatan peserta harus mengkonfirmasi terlebih dahulu. Antar dan penjemputan di bandara Untuk peserta setidaknya minimal 5 orang (peserta harus mengkonfirmasi).

Kami sarankan untuk menginfokan terlebih dahulu agar mendapatkan bonus diskon dari pusdiklat pemendagri.

Info bimtek pusdiklat pemendagri syarat dan ketentuan bonus berlaku

Jika masih ada pertanyaan tentang materi dan jadwal terkait Bimtek atau Diklat yang diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Diklat Pemerintah Dalam Negeri (Pusdiklat Pemendagri) jangan sungkan untuk bertanya pada pegawai yang bertugas sebagai Admin di website tersebut.

Tidak menutup kemungkinan ada hal penting yang luput diinformasikan terkait syarat dan ketentuan. Pegawai dari Pusdiklat Pemendagri ramah-ramah, jangan sungkan untui bertanya.

Info Bimtek pusdiklat Pemendagri Penutup

Terimakasih atas kunjungan bapak/ibu yang menyempatkan waktunya untuk membaca artikel Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kami sajikan. Kesalahan dan kekhilafan kami minta maaf yang sebasar-besarnya.

Maafkanlah kesalahan baik disengaja atau tidak yg telah dilakukan dalam penulisan “Info bimtek pusdiklat pemendagri” karena keterbatasa penulis dalam kalimat atau penyampaian yang kurang sempurna bagi para pembaca yang budiman.

Penutup artikel info bimtek pusdiklat pemendagri

Untuk pusdiklat pemendagri, dalam artikel penutup ini mohon dimaklumi dan dimaafkan apabila terdapat kekeliruan dalam menyusun kalimat yang hampir 6 ribu kalimat ini. Sebab manusia tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan dalam menjani hidup ini. Sukses selalu untuk pusdiklat pemendagri.

Semoga tulisan “Info bimtek pusdiklat pemendagri” ini membantu pihak pusdiklat pemendagri selaku perwakilan pemerintah yang peduli dan mendukung kami selaku blogger untuk terus berkreasi dan berbenah demi kemajuan bangsa indonesia.

2 pemikiran pada “Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Sangat Penting Bagi Pegawai

  1. Bimtek yang barupa keuangan daerah mengatur langkah-langkah dan prosedur untuk meningkatkan kualitas manajemen keuangan daerah yang baik. Untuk SKPD / OPD, implementasi aktual dari sistem dan prosedur baik untuk daerah masing-masing “Seperti Sistem dan Prosedur Penerimaan, Biaya dan Prosedur dan Sistem dan Prosedur Akuntansi Info bimtek pusdiklat pemendagri

    Konsekuensi dari penerbitan Permendagri 64/2013 adalah komitmen pemerintah daerah untuk mengatur kepala daerah yang mengatur kebijakan akuntansi pemerintah. Penentuan Perkada paling lambat 31 Mei 2019 dan harus dikontrol dengan baik oleh fungsi akuntansi, terutama di SKPKD dan di SKPD. Selain itu, peraturan tersebut juga dikelola oleh pihak lain sebagai perencana dan tim anggaran daerah. Tidak sedikit inspeksi yang melakukan fungsi pengawasan wajib diketahui untuk melakukan tugas meninjau laporan akuntansi regional

  2. Sesuai dengan amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang desa Pasal 69 (1). 12 dan Permendagri No 111 tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Desa yang diatur dalam Pasal 27 (1). 2, bahwa dengan adopsi Peraturan Desa, Manajer Desa menetapkan Peraturan Kepala Desa sebagai Peraturan Pelaksana. Parade pada persiapan APBD menjadi aturan untuk Implementasi Kuda pada APBD. Peristiwa terkait dengan Perkades mengenai persiapan anggaran daerah dirujuk ke sistem info bimtek pusdiklat pemendagri keuangan daerah, yang menyediakan ruang untuk perubahan yang diperlukan segera dan menjawab pertanyaan.

    Selat Desa Perbekel I melakukan Semawan ketika wawancara setelah program mengatakan, pelatihan bimtek ditujukan untuk meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam hal administrasi desa, pelayanan masyarakat, peningkatan ekonomi desa dan pembangunan.

Komentar ditutup.